Samsung Bakal Hadirkan Pengalaman Lebih Ngebut di One UI 5.0

Teknologi33 Views

Liputan6.com, Jakarta – Samsung dilaporkan akan meningkatkan pengalaman pengguna lewat One UI 5.0. Informasi ini diketahui dari laporan eksklusif Sam Mobile beberapa waktu lalu.

Mengutip informasi dari GSM Arena, Jumat (10/6/2022), peningkatan pengalaman yang dimaksud adalah Samsung berencana untuk mempercepat navigasi dari One UI versi terbaru tersebut.

Saat ini, One UI 5.0 memang masih dalam tahap pengembangan, tapi perusahaan memang telah menjadikan tampilan antarmuka yang lebih cepat menjadi salah satu fokus utama.

Oleh sebab itu, menurut laporan, tim internal Samsung tengah bekerja untuk bisa meningkatkan kecepatan navigasi One UI secara signifikan. Tidak hanya itu, mereka juga akan menghadirkan animasi yang lebih mulus dan lebih cepat.

Apabila dilihat, perubahan yang ditawarkan memang tidak terlalu besar, tapi disebut sangat berdampak pada pengalaman pengguna. Sebab, keluhan mengenai lag jelas dapat dikurangi.

Tidak hanya itu, dengan dukungan refresh rate yang lebih tinggi di sejumlah perangkat Samsung, pengalaman pengguna tentu akan kian mumpuni. Hanya hingga sekarang belum ada informasi mengenai kapan One UI 5.0 akan diperkenalkan ke publik.

Namun dari prediksi, ada kemungkinan Samsung akan mengungkap One UI terbaru ini saat SDC (Samsung Developers Conference) yang digelar jelang akhir tahun ini. Dari situ, kemungkinan besar informasi mengenai versi beta One UI akan diumumkan pula.

Setelahnya, di akhir tahun, sejumlah perangkat premium Samsung kemungkinan besar akan mendapatkan pembaruan One UI 5.0 berbasis Android 13 ini.

Deretan Smartphone Samsung yang Bakal Dapat Update One UI 4.1

Seiring dengan perilisan Galaxy S22 series, Samsung juga merilis versi baru dari antarmuka Samsung One UI 4.1. Nah, beberapa hari lalu, Samsung juga merilis smartphone baru Galaxy A33 5G, Galaxy A53 5G, dan Galaxy A73 5G. Ketiganya mendapatkan versi terbaru dari One UI di atas.

Tidak hanya perangkat di atas, sejumlah smartphone Samsung lainnya juga akan kebagian One UI 4.1.

Mengutip Gizchina, Minggu (20/3/2022), Samsung mengumumkan rencananya untuk memperbarui sistem operasinya ke One UI 4.1. Perusahaan pun memutuskan untuk mendistribusikan update dalam dua tahap.

Pada tahap pertama, update One UI 4.1 akan dirasakan oleh para pemilik smartphone layar lipat Galaxy Z Flip 3 dan Galaxy Z Fold 3, Galaxy S21 series, sejumlah Galaxy A seris, dan tablet Galaxy S7 FE.

Sementara, pada tahap kedua, update One UI 4.1 akan menjangkau seri Galaxy S20, Galaxy Z Fold, Galaxy Z Fold 2, Galaxy Z Flip, Galaxy Note 20, Galaxy Note 10, dan Galaxy S10 series.

Sayangnya, Samsung tidak mengungkap timeline atau tanggal resmi untuk update One UI 4.1 ini. Samsung juga tak mengungkap secara detail perangkat apa saja yang kebagian update One UI 4.1 terutama untuk Galaxy A series dan tabletnya.

Fitur dan Peningkatan One UI 4.1

Terlepas dari perangkat apa saja yang kebagian sistem operasi ini, One UI 4.1 akan membawa sejumlah peningkatan. Salah satunya peningkatan di editor foto dan fungsionalitas galeri yang ditingkatkan, begitu juga widget-nya.

Pengguna kini bisa menambahkan web link untuk Samsung Notes dan pada perangkat yang didukung pena digital, pengguna bisa membuat catatan dan mengubahnya di perangkat yang lain.

Berikut fitur-fitur baru di One UI 4.1:

– Chat dari mana pun dengan Google Duo Live Sharing

Dengan aplikasi Google Duo, pengguna bisa saling terhubung di mana pun di seluruh dunia. Misalnya untuk melihat foto di galeri bersama-sama. Selanjutnya dengan fitur Live Sharing, pengguna bisa menyiarkan gambar dari layar perangkat ke lawan bicara.

– Dukungan Expert RAW

Dengan dukungan aplikasi Expert RAW, pemilik Galaxy S21 Ultra dan Galaxy S22 series bisa mengubah foto mereka menjadi kreasi. Hal ini dimungkinkan berkat tool pengeditan foto dari kontrol eksposur hingga ISO untuk memilih mana yang terbaik.

Pengguna juga dimungkinkan untuk re-touch foto melalui smartphone. Samsung menjanjikan hasilnya setara dengan foto yang diambil dari kamera SLR.

Tools Pengeditan Baru

– Edit dengan Smart Eraser

Dengan Eraser Tool atau Alat Penghapusan yang ditingkatkan, pengguna bisa menghapus tak hanya objek random di background, tetapi juga bayangan atau refleksi di jendela yang mengganggu sebuah foto.

Pengguna bisa langsung menekan tombol “Erase shadows” atau “Erase reflections”, selanjutnya smart eraser akan bekerja sesuai keinginan.

– Photo Sharing Lebih Nyaman

Pengoptimalan foto otomatis di One UI membuat berbagi gambar lebih mudah. Perangkat akan menawarkan peningkatan optimal untuk foto yang dipilih, diperbaiki kemiringan dan potong kelebihan di screenshot.

Dengan satu klik, gambar akan disesuaikan secara otomatis.

(Dam/Ysl)

 

Sumber : https://www.liputan6.com