Gubernur Malut Lantik Pengurus BPC Sibualamo Halbar

INFO44 Views

MegaSofifi.Com,- Badan Pengurus Cabang Sibualamo Kabupaten Halmahera Barat yang dinahkodai Mohtar Husen resmi dikukuhkan oleh Gubernur Maluku Utara Kh Abdul Gani Kasuba Lc didampingi Ketua Umum Badan Pengurus Daerah Sibualamo Saifuddin Juba di Kadaton Kesultanan Jailolo, Sabtu,(03/09).

Gubernur Maluku Utara mengatakan, Sibualamo itu berasal dari Kata Sibua atau tenda sementara Hibualamo adalah rumah besar maka Sibualamo sejatinya merupakan tenda besar untuk mengayomi masyarakat Halmahera dalam rangka membangun kebersamaan merawat adat istiadat dan budaya di Halmahera.
Lanjut gubernur, sebagai rumah besar, seorang pimpinan bersama Badan Pengurus Cabang Sibualamo harus tahu bagaimana mengisi rumah besar tersebut dengan tindakan dan perilaku yang indah didalamnya.

“saya berharap ketua BPC Sibualamo mampu menyajikan program kerja yang mengarah pada bagaimana menumbuhkan rasa cinta anak Halmahera terhadap adat istiadat dan budaya daerah”, kata Gubernur.

Penyerahan bendera organisasi dari ketua umum badan pengurus daerah Sibualamo provinsi Maluku Utara Saifuddin Juba kepada ketua BPC Sibualamo Kabupaten Halmahera Barat Mohtar Husen. (Foto:Adi)

Senada dengan gubernur, Ketua Umum Badan Pengurus Daerah Sibualamo Saifuddin Juba juga mengatakan saat ini Sibualamo terus bergerak melakukan konsoldiasi organisasi, konsolidasi adat dan budaya nilai-nilai kearifan lokal karena sibualamo menjadi penyeimbang atau filter terhadap kondisi yang terus yang bergerak.

“banyak sekali gaya hidup manusia di era digitalisasi saat ini sehingga Sibualamo akan hadir sebagai penyeimbang dengan mengingatkan untuk selalu mengawal generasi muda menjaga adat istiadat dan budaya di Halmahera”.Kata Udin.

Sekedar diketahui, pengukuhan BPC Sibualamo diawali dengan pelantikan Gubernur Maluku Utara sebagai Jiko Makukuta yang artinya Penyangka Negeri sementara Ketua Umum BPD Sibualamo Saifuddin Juba dikukuhkan sebagai Kie Malaha Tagalaya oleh Sultan Jailolo di kedaton sultan Jailolo, Hamahera Barat. (*/Ajir)