Gerakan Tanam Cabe, Sahli Gubernur Malut dan Wabup Halbar Minta Masyarakat Todoke Serius

INFO84 Views

MegaSofifi.com,- Ratusan warga Tiga desa di Kecamatan Tabaru Kabupaten Halmahera Barat turun beramai-ramai ikut secara serentak menaman Cabe yang dipimpin Staf Ahli Gubernur Maluku Utara Bidang Ekonomi dan keuangan Andreas Thomas dan Wakil Bupati Halmahera Barat Djufri Muhammad dan didampingi Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku Utara Muhtar Husen di atas 1.5 hektar lahan produktif masyarakat di desa Todoke, Selasa,11/04/23.

Staf Ahli Gubernur Maluku Utara Andreas Thomas dalam kesempatan mewakili Gubernur Maluku Utara mengatakan program tanam cabe yang dilakukan oleh masyarakat tiga desa yang juga termasuk dalam jemaat gereja merupakan sebuah gerakan penguatan ekonomi yang patut diapresiasi karena saat ini harga Cabe sangat mahal di pasar.

Oleh karena itu ia berharap dengan adanya gerakan ini dapat menunjang perekonomian masyarakat sekaligus mendukung rencana pencaharian dana pembangunan gereja dimaksud.

Sementara, Wakil Bupati Halmahera Barat Djufri Muhammad juga ikut mendukung semua rencana masyarakat Tiga desa dalam gerakan menanam cabe.

Ia meminta kepada kepala dinas pertanian provinsi Maluku Utara agar selalu memperhatikan petani Halmahera Barat karena lahan produktif di kabupaten Halmahera barat sangat luas.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Malut Muhtar Husen telah menyiapkan sejumlah dukungan gerakan tanam Cabe masyarakat tiga desa yakni dengan memberikan bantuan berupa dua buah tengki spreyer dan bibit Cabe unggulan.

Ia juga berjanji secepatnya memberikan satu buah motor Viar kepada kelompok tani cabe untuk mendukung operasional para petani namun berharap ketua organisasi dapat secepatnya menyampaikan proposal untuk memperoleh kendaraan tersebut.

Ikut hadir dalam kegiatan tersebut, Karo Adpim Malut Rahwan K Suamba, Kepala Dinas Pertanian Halbar Totari Balatjai, Camat Tabaru dan sejumlah Kepala Desa di Kecamatan Ibu.(Ian)