Sekprov Malut Lepas Jalan Sehat Jelang Hardiknas

Uncategorized149 Views

MegaSofifi.Com,- Pemerintah Provinsi Maluku Utara melalui Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan menyelenggarakan kegiatan Jalan Sehat dan Senam Pagi dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional tahun 2023. Kegiatan jalan sehat dilepas oleh Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara Drs. Samsuddin Abdul Kadir, M.Si di area bundaran 40,Sofifi,Sabtu, 29/04.23.

Sekprov Malut dalam membacakan sambutan gubernur Maluku Utara mengatakan Kita ketahui bahwa ditetapkannya tanggal 02 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional oleh pemerintah Republik Indonesia melalui Keppres RI Nomor 316 Tahun 1959, merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah akan pentingnya pendidikan di negeri ini.
Penetapan Hari Pendidikan Nasional dilatarbelakangi oleh sosok yang memiliki jasa luar biasa di dunia pendidikan, Ki Hadjar Dewantara, yang lahir pada tanggal 2 Mei 1889.

Sambutan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara Drs. Samsuddin Abdul Kadir, M.Si, dakam rangka jalan sehat menyambut Hardiknas (foto:MS)

Lanjut Sekprov, peringatan Hari Pendidikan Nasional yang diselenggarakan pada setiap tanggal 2 Mei tidak semata-mata dimaksudkan untuk mengenang hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara selaku Bapak Perintis Pendidikan Nasional.
“Peringatan Hari Pendidikan Nasional lebih merupakan sebuah momentum untuk kembali menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme bagi seluruh insan pendidikan”, Kutip Sambutan Gubernur.

Diketahui, salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah dengan menetapkan pelaksanaan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional.

Hal ini dimaksudkan agar semua insan pendidikan mengingat kembali filosofi dari nilai perjuangan Ki Hadjar Dewantara dalam menegakkan fondasi pendidikan di Indonesia. Dengan Tema peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 adalah “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”, maka kita diharapakan tetap mewujudkan program merdeka belajar yang ditetapkan oleh Pemerintah.

“Saya minta kepada Semua pegawai di lingkungan dinas Pendidikan dan Kebudayaan, pegawai pemerintah provinsi/kabupaten/kota, satuan pendidikan, para pendidik dan tenaga kependidikan, para pemangku kepentingan pendidikan lainnya dan para siswa di satuan Pendidikan di Provinsi Maluku Utara agar dapat merayakannya dengan penuh hikmat”, tutup Sekprov.(*/ian)