Disarpus Malut Gelar Workshop Literasi bagi Kepala Desa Se- Halut

INFO74 Views

MegaSofifi.Com, – Dalam Rangka Akselerasi Budaya Literasi Menuju Maluku Utara Cerdas, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Maluku Utara Menggelar Workshop Literasi bagi Kepala Desa. yang dibuka Secara resmi oleh Bupati Halmahera Utara yang diwakili Asisten III Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Halmahera Utara Yudhiahart Noya di Aula Kantor Bupati Halmahera Utara, Tobelo. (30/08/2022).

Bupati dalam sambutannya yang dibacakan Asisten III Menyampaikan bahwa untuk mewujudkan masyarakat cerdas dan literat merupakan kerja bersama untuk menjadikan gemar membaca sebagai Budaya harus berawal dari diri sendiri dan keluarga agar kelak mampu memberi contoh bagi masyarakat di sekitarnya.

“Semua ini kita mengetahui bahwa setiap pemimpin negeri ini memiliki kepedulian dan perhatian besar terhadap kondisi membaca, mereka ingin masyarakat cerdas dan literat”. Kata Bupati

Foto bersama asisten III, narasumber dan Kepala dinas Kearsipan dan perpustakaan Provinsi Maluku serta peserta workshop (foto: Janu)

Selain itu, harapan beliau melalui kegiatan ini agar dapat lebih meningkatkan pemahaman dan pengetahuan para kepala Desa dalam upaya budayakan Literasi serta mengembangkan ekonomi kreatif di Kabupaten Halut.

“kiranya dengan adanya kegiatan workshop ini dapat menerapkan Budaya baca di masyarakat guna mendukung Pembangunan di Desa dan  memajukan ekonomi Desa”. Harapnya.

Beliau juga sangat mengapresiasi gagasan proyek Perubahan Reformer Muliadi Tutupoho selaku Kepala dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Maluku Utara dengan judul Dibuat Literasi pada Pelatihan Kepemimpinan Nasional tingkat II angkatan ke X PUSLATBANG KMP LAN Makasar.

“Kami mendukung sepenuhnya gerakan SIBUA Literasi  dalam bentuk kebijakan dan promosi di Daerah kami dan saya mengajak kepada seluruh kepala Desa agar bisa memfasilitasi sosialisasi gerakan SIBUA Literasi dimasyarakat dan mendukung pembentukan tim penggerak Literasi di sekolah dan Desa di wilayah Halmahera Utara “. Tutupnya.

Sementara Itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Maluku Utara Mulyadi Tutupoho mengatakan bahwa kegiatan Workshop Literasi ini yang merupakan agenda besar nantinya pada akhir bulan september yakni festival Literasi.

“Hari ini adalah agenda pra Even itu sendiri dengan mengundang seluruh kepala Desa yang ada di Halmahera Utara, dan Secara daring  juga di ikuti kepala Desa di wilayah sofifi dan sekitarnya”. Ujarnya

Maluku Utara harus ada upaya untuk mendorong agar terjadi peningkatan Literasi, dan peningkatan Literasi bagi kami adalah kita memulainya dari desa.

“Desa sangat besar perannya dalam mendorong peningkatan literasi itu sendiri, Literasi tidak hanya sekedar membaca buka tetapi literasi juga dalam aspek Secara luas”. Kata Multop sapaan Mulyadi.

Kegiatan ini dirangkaikan dengan Implementasi Proyek Perubahan dengan Judul yang diangkat adalah SIBUA LITERASI atau Sinergitas Budaya Baca dan Literasi Lintas Sektor.

Lanjutnya, Peran penting kepala desa adalah bagaimana supaya menumbuh kembangkan literasi di desa itu sendiri. Perpustakaan tidak hanya menjadi tempat orang membaca saja tetapi menjadi orang berinovasi di dalamnya.

mantan Juru bicara Gubernur ini meminta dukungan dan kerjasama dari para kepala desa, bahwa SIBUA LITERASI ini akan menjadi ikon dari Maluku Utara untuk Indonesia dalam Rangka mendorong peningkatan Literasi itu sendiri.

“Tidak hanya masuk ke Perpustakaan tetapi kami juga menyiapkan yang namanya aplikasi SIBUA Literasi dalam bentuk Barcode/QR”. Tutup beliau.

Perlu diketahui bahwa Narasumber yang hadir Secara langsung dan melalui Daring terdiri dari Prof. DR. Gufran Ali Ibrahim dari akademisi, dan kepala Biro Humas Kementerian Desa dan Daerah tertinggal Ibu Erlin, General Manager Andi Global Soft Ifan Pernadin.

Tampak hadir Secara langsung Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Halmahera Utara Julius Mairuhu dan Kepala PMD Kabupaten Halmahera Utara.(*/Amat)