Bapak -Bunda Asuh Anak Stunting Provinsi Malut Resmi Dikukuhkan

INFO82 Views

MegaSofifi.Com.- Saat ini, kita membutuhkan keberadaan bapak asuh anak stunting sebagai pengawalan dan pendampingan dari mulai calon pengantin. Hal ini harus dimulai dengan merubah pola perilaku atau dalam istilah kami merencanakan setiap d Keluarga. Demikian disampaikan Deputi keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KBKR) BKKBN Pusat Eni Gustina pada acara pengukuhan Bapak/Bunda Asuh anak di aula Korem 152 Babullah Ternate,Selasa(13/09).

menurut Eni, Merencanakan kehamilan lanjut Eni tidak boleh diabaikan sehingga betul-betul anak yang terlahir dalam kondisi yang sehat dan berkualitas. Dirinya kemudian mengatakan pihaknya telah memiliki tim pendamping keluarga di setiap kabupaten/kota yang terdiri dari tiga orang.

“Jadi tim pendamping keluarga ini akan mendampingi calon pengantin”. Ucapnya

Dirinya menjelaskan di indonesia setiap tahun ada 2 juta pernikahan sementara terdapat 80% langsung hamil untuk itu kata Eni BKKBN telah menyiapkan bahwa tidak semua calon pengantin itu layak nikah dan layak hamil.

Pemberian ucapan selamat kepada pengurus bapak ibu asuh Stunting oleh wakil gubernur Maluku Utara Ir M Al Yasin Ali (foto:Janu)

“Insya Allah apa yang kita lakukan dapat bermanfaat untuk anak-anak kita terutama upaya menurunkan stunting”.

Sementara Danrem 152 Babullah, Brigjen TNI Novi Rubadi Sugito berharap kepada para pejabat yang telah diberikan amanah serta tanggung jawab sebagai bapak/bunda asuh agar lebih proaktif melakukan pendampingan dan monitoring sesuai wilayah masing-masing.

Disamping itu dirinya mengajak semua pihak agar menyamakan persepsi dan langkah strategis melakukan pencegahan stunting dengan bersinergi seluruh stakeholder terkait guna menurunkan angka stunting dan menyelamatkan generasi muda Maluku Utara dari bahaya stunting.

Kegiatan ini akhiri dengan pengukuhan Bapak/Bunda Asuh anak stunting melalui penyematan selendang dan penyerahan piagam penghargaan yang disaksikan oleh Tim percepatan penurunan stunting kabupaten/kota, Wakil Bupati Halsel, Hasan Ali Bassam Kasuba,  Kepala BKKBN Perwakilan Malut, Renta Rego Tarangi, beserta tamu undangan lainnya.(*/Ajir).